طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ #menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim# اطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ #tuntutlah ilmu walau hingga ke negeri Cina#

Kamis, 25 September 2014

Magang di BUMN: Kenapa PTSB?


Peran Akuntansi sebagai bahasa bisnis perusahaan dalam menyajikan informasi berupa laporan keuangan, serta mengkomunikasikan informasi tersebut kepada para pengambil keputusan dan interested users lainnya telah memberi pengaruh besar dalam perkembangan dunia usaha (Abdulrahim, 2010:2). Namun tak dipungkiri bahwa akuntansi konvensional yang kini terus berkembang masih kering akan nilai (Ahmed, 2012). Melalui akuntansi, berbagai pihak yang berkepentingan bisa saja melakukan berbagai cara untuk meningkatkan nilai perusahaan yang dikelolanya (Karnawati, 2012), termasuk melakukan praktik konservatisme yang sebenarnya bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Faktor ini yang kemudian membawa penulis untuk mempelajari Akuntansi Islam, yang penulis yakini mampu menjadi solusi terhadap praktik akuntansi konvensional yang masih kering akan nilai tersebut. 
     
Akuntansi Islam yang selama ini dipelajari penulis di bangku perkuliahan hanya berwujud teori-teori yang tentu akan sangat berbeda dengan praktiknya di dunia nyata. Implementasi Akuntansi Islam pula akan semakin sporadis, jika diaplikasikan tak hanya pada lembaga keuangan syariah. Untuk itulah, penulis berkeinginan menggali seberapa jauh praktik Akuntansi Islam dikenal oleh perusahaan-perusahaan dengan latar belakang non syariah, terutama pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang merupakan pengelola asset-asset strategis negara, disamping penulis ingin melihat lebih dekat dan mempelajari atmosfir dunia kerja yang sesungguhnya. Latar belakang inilah yang kemudian mendorong penulis untuk melaksanakan kegiatan magang di salah satu BUMN yang merupakan produsen semen terbesar di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, yaitu PT. Semen Baturaja (Persero)Tbk (PTSB). BUMN dengan status perusahaan yang baru saja melaksanakan IPO (Initial Public Offering) atau penawaran saham perdananya kepada publik ini dianggap sebagai salah satu perusahaan dengan profitabilitas dan kinerja yang begitu baik di masa datang[1].





[1] Republika, 2013, tersedia dalam www.republika.com/ipoptsemenbaturajajuni2013/ diakses pada 19 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar