طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ #menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim# اطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ #tuntutlah ilmu walau hingga ke negeri Cina#

Senin, 15 September 2014

Akhirnya MASA ITU,,,Merubah si GAJAH Biru Jadi Abu

Senin Subuh di Tahun 2007…

Baru kali ini aku solat dengan rentengan rambut diikat 7, kepang kuda, ekor kambing, dan ga jelaslah apa itu modelnya. Aku ga berani liat kaca karena seremnya. Meski tanpa atribut itu aselinya emang udah serem sih, wkwk.. Tapi bener deh, serem banget. Aku solat pas stengah 5, abis solat doa dengan khusuk biar hari ini senior-senior MOS ga kalap menyiksa kami para juniornya yang unyu-unyu ini, hihihi..

Ku lipat kembali mukena dan sajadahku di atas meja belajar. Aku mengambil seribu langkah menuju ruang tivi. Peralatan MOS yang sedari kemarin sore aku siapkan sudah berjejer rapi untuk dikenakan. Mulai dari Topi petani, kalung jengkol yang nga-ngak kulitnya (kebayang dah ntar siang gimana aroma badan, hissshh..), tas karung goni (bekas tepung, bauk apeknya juga naudzubillah), gelang kaki dan tangan masing2 percis cheers amatir, sepatu dengan tali plastic kelabang, plakat nama dari karung goni yang sudah terukir nama indah untukku dari Kak Tebe (senior yang menjadi kakak asuh ku di kelompok KUNING. Kak Tebe aslinya namanya Tri Budi, tapi karena dia lebih famous dari namanya yaa jadilah dipanggil Tebe saja hehe maap yak kak.. :D) Kak Tebe memberiku nama indah “TEN-TEN” yak, salah satu tokoh komik yang pas menyerupai aku, katanya.. -_-“  Di kelompok MOS asuhan Kak Tebe memang nama indahnya ya nama kartun jepang semua haha. Ada Komang-lah, TEN-TEN, Kabutaku, Sin-Chan, Hamtaro dll.. hahaa seteresssss semua kakak asuh itu, wkwk.. mungkin mereka terinspirasi aja karena melihat kami yang masih unyu-unyu, lucu dan gemesin ini, wkwkwk..

---

Dengan telaten aku pasangkan satu-satu atribut melekat dan menyerubung seragam putih biru dongker yang mendekati masa-masa pensiunnya untuk aku kenakan,. Aku pandangi tampilan badan yang nggak banget.. Aku pandangi jam dinding yang tak-tik-tok masih dengan jelas terdengar suaranya, karena toh di luar masih anyep sepinya.. subuh mamenn…

Yess.. hari ini aku unggul dari kakak. Aku solat lebih dulu, mandi lebih dulu, sarapan lebih dulu, dan teriak teriak sedikit sih manggil-manggil dia buat anterin aku pergi MOS. Dia ikut pergi bareng aku.. hehe.. yaaa akhirnya kami satu sekolah lagi di SMA yang sama. Biasanya aku dan kakak mintanya sekolahnya di pisah biar seru banyak cerita, hehe.. tapi apa boleh buat khusus di era putih abu aku harus rela satu sekolah dengan si sulung enehhh.., meski dia sangat merepotkan dan terkadang menyusahkan, tapi tetaplahhh abangku (lohh..ndak kebalik ini curcolnya hahaha).

Yap.. si abang keluar juga dari kamarnya. Dia anak OSIS,, jadi yaa maklumlahhh sok sibuk, subuh-subuh udah ikutan dandan plus anterin aku. Buat dia hari ini bakal mengasyikan..toh bakal nyiksa kami yang anak-anak newbie..sedihhh…hiks..
“Kamu udah hapal jigglenya?” dia nanya sambil sisirian. “Iyaaa tenangggg” Jawabku santai.
Oh iya, MOS ini punya jiggle aneh.. tapi kudu dan harus dihapal. Kata abang, jiggle ini akan jadi mahar buat minta tanda tangan senior.. gilaaaa kaaaaan… yahhhh sudahlah.. akhirnya semaleman aku latihan nari-nari gajelas plus nyanyiannya juga sekalian. Tinggal si abang ajah yang sibuk cekakak cekikik liatin aku (Tahun kemarin dia sih yang aku giniin, sekarang tukeran deh.. males banget) Aku tentengin kemana-mana kertas jiggle yang hampir renyokk di tangan ini, hehe.. (hebatkannn, coba disuruh ngapal pelajaran..kalo ga ilang baru 5 menit, hehe). Lagu gita gutawa yang “doo bii doo bii doo”, lagu Sheila on 7 yang “semut pekerja”, lagu kangen band “pacarku”, lagu melly goeslaw… dah banyak deh, lupa aku.. tapi semuanya ga full sealbum, Cuma potongan-potongannya aja yang di mix. Wkwk…

Si abang yang Cuma beda satu tahun dari aku percis duduk di kelas XI IPA sekarang, nah aku nih yg belum jelas mau nyantol di kelas X apa, haha.. tapi pasrah aja deh. Pas MOS anak-anak belum pada di susun berdasarkan kelas, tapi masih random.. Dipilihnya keren berdasarkan urutan baris, jadi ga sengaja gitu deh.. haha..(kayak destiny gituuu…jadi yang udah direncanain bakal 1 kelompok tadinya malah kepisah karena random. Eh yang ga banget pingin sekolompok akhirnya sekelompok. Asikkan? Haha ngebaur gitu jadinya. Kumpul sama anak2 dari SMP yang beda-beda, banyak temen banyak rejekiiii, braiii.. haha). 

---

Motor abang pas dah berenti di gerbang SMA itu, di sana sudah baris anak-anak yang hampir mengenakan atribut percis aku. Cuma yang ngebedain ya warna masing-masing atribut. Kami berbaris berdsarkan warna yang sama. Sedikit juga yang satu SMP sama aku di kelompok ini, haaash aku harus kenalan dari awal lagi deh, pikirku. Abang tiba-tiba berbisik padaku, “Jangan ada yang tau kalo kamu punya kakak yang jadi panitia juga yaa.. Nanti kamu disusahin, dikerjain sama mereka, terus ga dikasih tanda tangan. Bilang aja kamu kayak yang lainnya, ga punya kakak. Oke?” dia kasih aku penjelasan panjang lebarr yang INTINYAAA aku ga PUNYA kakak di SMA ini, kejammmmm… Adik tak dianggap, hiks..Yaahh gapapalah .. tapi kalo terdesak, yah terpaksa deh aku nangis nyebut-nyebut nama diaaa.. awass kalo ga mau bantuinnn..hiks..

Aku melenggang masuk ke barisan teman-teman yang juga beratribut kuning. Jam tangan yang masih menunjukan 30 menit lepas dari jam 5 cukup mempengaruhi jalannya langkah kaki kami. Ngantuk, lemas, takut, kahwatir, senang bercampur aduk di sana. Aku pun bersebelahan dengan barisan anak-anak cowok, aku liat ada satu anak yang atributnya ga lengkap. Aku mau bilang ke dia, tapi yahh sudahlah.. anak2 cowok emang begitu.. susah dibilangin. Apalagi aku ga kenal sama dia, beda SMP sama aku.. biarin aja deh, pikirku santai.. Aku baca sekelibat nama di baju putih birunya “Marius Hermes” (nama asli). Aku yakin nih anak pasti Chinese fikirku. Tapi dia ngacung tadi, pas kakak kakak asuh nanya siapa yang sudah solat subuh. Aku pandangi lekat wajah si Marius, hmmm sepertinya bukan tipe anak yang ramah. Males deh aku ingetin, meski tadinya niat, haha..

---

“Yang kenceng dekkkkkk” teriakan kakak kakak senior memecah lamunanku, dan memaksa pita suara ku lebih kenceng resonansi pagi itu. Aku kerahkan semua suara untuk mengumandangkan jiggle-jiggle MOS. Aku takut hukuman akan melayang kalau kedapetan kami males-males dan ga niat nyanyiin lagu itu, hakss… Aku melempar mata ke arah kerumunan senior di dekatku yang mulai mendekat ke arah Marius.. Gawat pikirku. Marius pasti habis tuh ketahuan kalau atributnya ga lengkap.
“Marius (!).. Hai, aku Rysky.. “ aku sodorin tangan ke dia.
“Hai, Aku Marius..Iya Rysky” jawab dia sambil shaking hand ke aku. Aku jelasin ke Marius kalo atributnya ga lengkap. Dia lupa bawa gantungan jengkol di lehernya. Sontak si Marius langsung tepok jidad.. dia celingak celinguk nyariin kalung jengkol dia. Tiba-tiba dia berekspresi girang.. “Owalahhh di motor.. eh bentar ya” dia kasih aba-aba ke aku buat kooperatif jangan  bilang-bilang senior kalo dia ke parkiran motor. Sontak aku langsung sodorin jempol ke dia. Si Marius lari kebirit seakan dikejar anjing,hehehe..
“Mana anggota di sebelah kamu, Ten-ten?” Tanya Kak Tania. “hmmm.. itu, anu Kak.. dia pergi ke toilet kebelet tadi. Dia udah ijin kok ke kakak yang di sini tadi. “ jawabku rada cemas, haha
“kakak yang di sini? Siapa?” Kak Tania Tanya balik ke aku.. “Aduh.. maap kak, saya yang salah, tadi tidak begitu perhatian dengan nama kakaknya” jawab aku dengan penuh rasa bersalah (ini taktik biar senior meleleh. Bilang maap dulu, baru kasih penjelasan.. Biar kita sebagai junior ga dianggap nyolot, hhee),
“Oh, yaudah kalo ijin” jawab Kak Tania sambil ngelengos.. alhamdulillah, pikirku :D 

---

Singkat cerita si Marius udah lengkap semua atributnya, dan kelompok kuning udah sit in di Kelas. Pas pemilihan ketua.. ,eeeeh, ternyata si Marius yang kepilih jadi ketua kelompok. Wahhh, ga nyangka.. Tapi, baru juga satu hari… si Mr Marius ternyata buat gara-gara sama kakak asuh.. intinya, dia ga dapetin target tanda tangan yang harusnya dipenuhi oleh seorang ketua kelompok. Alhasil Marius didemisioner deh, hikss...

Nah, semua anak kebingungan waktu milih ketua kelompok. Tapi dasssaaarrrrrr…. Entah setan apa yang menginspirasi kepalanya si Marius. Dia dengan semangat 45 mencalonkan aku sebagai ketua pengganti. Dia jabarin alasannya, widiwww lebai sih,.. tapi beneran ahasil aku kepilih jadi ketua,,, halahhhhh.. ini para boys kemana sih?? seruku dalam hati.. yaahhh.. BUT, again yaaa, every winner never rejects the challenge. Aku iyain aja… Nahhh.. sejak hari itu aku lah yang kedapetan amanah full tanda tangan buat represent teman-teman satu kelompok lainnya. Maap yaa guys, aku yakin waktu itu aku banyak salah sama kalian. Aku ga lebih baik kok, aku yakin kalian semua lebih baik dari aku, dan lebih pantes jadi ketua kelompok. Aku kepilih cuma karena beruntung aja dan ga lebih. Kalian semua HEBAT bahkan lebih dari aku J

MAKASIH atas kooperatif nya waktu itu.. dan kelompok kuning jadi kelompok pemenang yel yel MOS 2007 dan jadi kelompok TERBAIK. Thanks yaa guysss. Love u allll…. :* (Gara2 lagu lobow yang “salah” dan goyang dombretnya si Redi,, ahahaha, I still remember this great moment)

---

Pas mintain tanda tangan, aku kejar sana-sini tanda tangan seniornya..
Di sini aku kagum dengan salah satu senior aku. Belakangan aku kenal namanya, Kak Miranti. Hebat dia tuh.. Akhwat banget guys.. Sekarang kak Miranti sekolah di UNSRI PDG (Pendidikan Dokter Gigi) kemungkinan besar udah jadi dokter gigi deh kayaknya sekarang). Semua adik tingkat yang minta tanda tangan ke dia, ga da yang dipersulit. Semua lancarrr…

Kak miranti paling minta satu hal buat dapetin tanda tangan nya, yaituuuuu..”baca surat al quran yang dia minta baca, but without reciting the quran directly. Just memorizing” hahaha
Alhamdulillah.. waktu aku yang diminta, kak Miranti Cuma minta bacain surah Al Qoriah dan Al-Adiyatt ke aku.. (ga sengaja waktu itu hapal hehe). Dapet deh tanda tangan tonjolan MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas, di atas OSIS bokk) satu ituuu…Kak Miranti, dia emang hebat..

Beliau tuh (Kak Miranti) selain otaknya encer, organisasinya yahutt, beberapa kali keluar kota buat wakilin sekolah, aktif di acara ini-acara itu, tapi tetap bisa masuk jajaran kelas favorit, prestasi dia di kerohanian juga bagus. Dia juga sering jadi motivator di acara keputrian ROHIS, sering juga ngisi tulisan di mading-mading sekolah, sering tampil sebagai role model untuk adik-adik tingkat kayak kami, karena Bu Darmi (kepsek) hapal banget sama beliau. Jadi kalo mau kasih contoh ke kami-kami juniornya. Bu Darmi selalu bilang “Yaa.. contohlah kakak tingkat kalian, si A, si B, si C” Nahh.. salah satunya ya Kak Miranti yang disebut, hehe..Keren yaa.. sukses terus buat Kak Miranti J

Tapiii ternyataa waktu MOS.. Kak Miranti juga adalah satu-satu nya senior yang tahu kalau saya ini ya adeknya abang. Waktu siang abis jamah zuhur di sekolah (zuhur wajib jamaah buat peserta MOS), Kak Miranti narik tangan aku pas salaman sambil nanya “Adeknya Jaya ya?” hehe.. inget banget aku waktu dia nanya gitu bisik-bisik.
“Iya Kak.. eh, kok tau?” tanyaku penasaran. “Ssstttt.. kakak punya indra keenam” jawab kak Miranti sambil tertawa padaku.. hahaha.. aku gatau nih dia becanda apa nggak.. tapi yang jelas aku salut dan jadiin Kak Miranti sebagai salah satu panutan aku di sekolah. Semua organisasi yang dia ikut aku ikutin semuaa.. mulai dari KIR, ROHIS, Keputrian, Cuma MPK aja yang nggak…Abisnya aku ga suka sama yang galak2 :p haha.. (beruntungnya Kak Miranti punya fans sebaik aku, akakakak).

Kak Miranti juga cerita kalau abangku sengaja ga cerita tentang dia punya adik yang jadi junior MOS juga tahun ini...
“Karena di SMA ini, kalo panitia MOS lain tau kamu punya abang yang panitia juga, kamu bakal dikerjain mati-matian. Apalagi abangmu itu calon kuat KETOS tahun ini, sssttttt..jangan bilang siapa2 yaa… “hehe itulah yang dijelasin kak miranti ke aku.
“Jadi sebenernya (kak miranti melanjutkan), abangmu itu sayang sama kamu. Dia mau ngelindungi adeknya, takut dikerjain sama senior-senior yang lain. Nanti juga kalo udah kelar MOS, dia pasti kenalin kamu kok ke kita-kita ini.” Kata Kak Miranti dengan bijak menjelaskan.  Wahh beruntungnyaa aku kenal beliau. Di balik ketegasan, kecerdasan, ternyata dia seorang kakak yang dewasa banget.. pantes aja kalau tahun kemarin dia yang dinobatkan sebagai senior TERSEGANI… Hebat kakak mahh .. hehe

Eitsss tapi soal yang abangku jadi calon kuat KETOS??? Whattt ?? hahah kok dia ga pernah cerita punya bakat prestasi yang keren kwwkwkwk.. Udah kelamaan ga satu sekolah sama dia, aku jadi ga tau kalau dia begitu pesat berkembang kwwkwkwk.. Salah faham deh di awal aku, kirain dia emang ga mau ngakuin aku adek lagi :p ternyata nggak separah itu.. thank you yaa abangkuuu.. abang emang best of the best. Tetap jadi role model aku yakkk,, dan peliss suara klakson motormu ituuu lohhh.. saking traumanyaaa aku masih kengiang-ngiang lohh sampe di usia ini.. heheh but I’ll miss all the moment. Thanks a lot…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar