طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ #menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim# اطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ #tuntutlah ilmu walau hingga ke negeri Cina#

Minggu, 07 September 2014

14 Tahunnya GAJAH, Hari itu...

Di pagi Bulan Agustus 2006…


Pagi itu seperti biasa, aku harus say good bye pada nasi anget putih plus telor ceplok buatan ibu, karena si abang sulung sudah klakson tan—tin—tun ga berhenti,…bising dan mengganggu..  Yang pastinya bukan membuat risih aku saja, tetangga kiri kanan pun begitu. Yasudahlah memang takdir,, si klakson selalu berhasil jadi orang ketiga yang mampu memisahkan aku dan nasi anget ituuu… Padahal pagi itu aku ada kelas olah raga di sekolah. Pak Sugian pasti menyuruh kami lari muter full mengelilingi komplek sekolah plus komplek TNI di belakang sekolah.. ampunn dah.. kalo ga sarapan, terus energi apa yang bisa membuat badan ini melaju cepat dengan percepatan maksimum ala Galileo.. OH MAY GADDDD… haha Yasudahlah.. paling2 aku harus pingsan.Tapi siapa teman beruntung yang akan menggeret tubuh penuh tendon glikogen ini??? :’(  Plisssss BRADAHHHHHH, abangkuuuu… U always success to separate me and my lovely breakfastttttt… (re:nasi anget doang padahal, hahaha)

---

Di sepanjang jalan menuju sekolah, aku dan abang sediem-dieman.. ga ada topik obrolan pagi ini. Keroncong di perut menahan celotehku pagi itu padanya.. Yaaa, anggep aja ngambek kecil-kecilan..
Laju vega R si abang membawa aku tepat di depan gerbang sekolah.. Jam 7 kurang 15 menit, aku sudah melesat mendarat pas di gerbang sekolah. Karena konser keroncong ga bisa ditahan, akhirnya aku jadi salah fokus.. Aku malah melangkah berlawanan arah.. Ya..ya..ya.. menuju tempat fantastis pemadam kelaparan; “KANTIN”. Kelasku lokasinya strategis banget dah, tinggal kepeleset dikit juga nyampe kantin.. Kebayangkan betapa sejahteranya kami satu kelas apalagi kami adalah seniornya sekolah kala itu.. haha

Di kantin ini lengkap sedia apapun yang bisa mengobati rasa penyesalanku meninggalkan nasi anget telor ceplok ibuk.. Yah, menu sarapan yang paling yummy dan mengganjal sampe full ADALAH: PEMPEK  TELOR.. :D…. Dahh, bablas juga sampe nelen 3 biji pempek sedang, dan 1 buah risol isi kentang dan wortel.., lumayanlah.., 2 cup air mineral menutup santap pagi itu… GILA LAPER APA RAKUS…!!!! :D
Ya ampun, jam di tangan kanan sudah menunjukkan waktunya bel sekolah bunyi..Sumpah baru sadar kalo sudah 10 menit bablas jam 7. Susah nih kalo udah kencan sama kantin, khusuk banget.. Hari ini aku harus ganti baju olahraga, karena seragam putih biru dongker itu ga mungkin di bawa lari-lari sepanjang jam olahraga. Hehe..

Selepas bayar pempek sedap barusan, aku langsung ambil seribu langkah menuju kelas.. hmmm…. Waduh, anak-anak kelas udah pada siap dengan salinan seragam olahraga di tangan masing-masing. Wadouh kalo ga keburu cepet-cepet, ntar wc full anak2 ganti seragam. Trus …mampusss kalo sampe telat. Pak Sugian pasti kasih bonus lari keliling satu puteran lagi (MATI GUEEEE).. Aku kemudian membuka ransel sekolahku, di sana seragam olahraga terlipat dan sudah siap dikenakan. “Hmmm.. siapa yang mau bareng?” bisikku dalem ati.. Kepalaku celingak-celinguk mencari my chair-mate, Ewin.. Kok dia belum juga keliatan padahal udah lepas 15 menit dari jam 7 nih. Tapi, tas ransel Ewin udah ada di sebelah bangku ku.. Masa sih Ewin tega ninggalin aku?.. hmm… eng..ing..eng.. Noh! itu dia si Ewin (mata ini gesit menangkap temen-temen di seberang jendela kelas)… Dia lagi di teras kelas, ngobrol bareng Ayu (teman sekelas kita juga)..Tapi ayu posisinya udah ganti seragam naahh. Aku samperin deh, toh Ewin juga beluman ganti seragam. Yesss…. :D

“Win, ganti seragam yokk. Ntar telat.. Pak Sugian kasih bonus seputeran deh buat yang telatt.., yookk ah” ajakku pada Ewin. (Nih temen aku aslinya namanya Windari…, temen satu kelas, satu band amatir wkwk, satu tempat les MIPA, satu tempat les INGGRIS dan satu bangku bareng aku. Deket yaahhh.. Aku banyak belajar dari EWIN, makasih ya Win.. dia smart dan jago banget main keyboard, cantik lagi..hehe) J

“Aduhhh, ganti seragam? Ntaran aja, Ky.. beluman juga jam setengah 8” jawab Ewin males.. Ngeliat akupun dia kayak ga nafsu gitu. Kenapa yak. Aku punya salahkah sama dia?.. Hmmm.. ya sudahlah, aku positif thinking ajalah ke dia, mungkin Ewin lagi ga olah raga karena halangan atau emang dia lagi PMS dan ga mood ngomong. BUT, Ewin fine-fine aja ngorol sama Ayu.. hufttt.. cedihhhh :’(

“Ya udah deh kalo nantian” jawabku lemas.. “Tapi mau bareng akukah ganti seragamnyahhh?” tanyaku ke Ewin. Eh, Ewin cuma ngangguk aja, ga senyum, ga noleh, semuanya terasaaaa hambarrrrrr… Yasudahlah..seenggaknya aku punya temen deh kalau harus bonus seputeran lari. Itung-itung ngelunturin gelondong lemak pempek telor pagi ini, wkwkwk..

Aku pun iseng ngelongok ke kelas… Anjirrrr !.. semua anak-anak udah pada ganti pakaian.. hiks.. Terusss gueeeee? Gue mau duluan ga enak sama Ewin. Tadi udah janjian bareng dia. Aku samperin genknya si Isya buat basa-basi nanyain mereka udah pada ganti pakaiankah... Tapi begok juga akunyahh, yah udah jelas-jelas mereka udah kaosan olahraga semua (basa basi yang basi banget haha).. huaaa… tapi yah seenggaknya sapa pagi dah.. “Hei, kalian udah pada siap olahraga nihhhh pagi ini.. pagi-pagi udah pada salinan” aku nyamber di tengah obrolan mereka. Tapi ancurrr.. Aku malah dapet tempoyak.. mereka ga ada yang nanggepin, sedih banget dah hidup aku pagi itu.. hiks. “hei.. hei..” aku melambai ke arah mereka. Bukannya malah membalas atau ngejawab, mereka pada slurrrr keluar kelas trus pemanasan di lapangan voli. Udah deh, akunya Cuma ngapus iler doang.. hakssss.. jleb banget dikacangin dari tadi. {DERITA PAGI INI: Dimalesin, dianggurin, dipaksa ga sarapan, ga dibagi senyum.. sedih banget sih.. :’(  }

Jadilah aku ngelangkah lunglai keluar kelas.. WHATTTTT… ewin udah ganti seragam olahraga??? Hiks… “Win, kok udah ganti duluan. Kok ga tungguin aku?” Tanya aku sedih ke Ewin. Eh Ewin malah bilang “Lah.. tadi Ewin cariin Rysky. Kok ga ada gitu.. jadi Ewin duluan, gapapa yahh?”
“Tadi ewin ga ganti kok, Ky. Ewin lapisin aja seragam olahraga langsung double ke seragam putih birunya” jawab Ewin ke aku dengan penuh penyesalan. Yah.. jadinya aku gabisa marah ke Ewin ngeliat ekspresinya. “Yaudah deh gapapa” jawab aku sedih. Mungkin ngeliat wajah aku yang penuh kedukaan, akhirnya Ewin dengan baik hati mau menemani aku ke toilet sekolah buat ganti seragam. Tapi, itu udah hampir mau jam 8. Dan aku belum siap apa-apa.. haksss

Aku dan Ewin jalan rada terburu-buru ke toilet.. JLEBBB…! bener aja, pas tepat depan lorong kelas, kita ketemu Pak Sugian, guru olahraga kita. Hmmmm…. Beliau ngeliat aku belum siap! “Rysky, belum ganti pakaian. Sudah jam berapa ini, hah?” beliau sontak mengintrogasi kami, sstttt..aku tepatnya, karena Ewin udah siap dan rapi dengan seragam olahraganya..hikss.. Aku gugup ga bisa jawab apa-apa, cuma mengangguk waktu beliau minta aku untuk mengumpulkan bola voli dan bola basket di sekre olahraga untuk dibawa ke lapangan sebagai hukuman. Matiiii akuu…beliau bilang ga boleh telat dan lebih 5 menit dari sekarang. Udah deh, kerasa ketiban duren pagi itu,, bukan buahnya.. tapi kulitnya.. hiks.. Ewin ngelirik aku trus menawarkan untuk membantu. Ewin bilang biar dia aja yang kumpulin bola-bolanya. "Kamu harus siap-siap ganti seragam", pinta Ewin ke aku.. HAAAAAAAAAAAA… THANKS GOD.. makasih udah kasih aku sahabat sebaik dan sepengertian Ewin. Dengan cepat aku mengangguk dan berterima kasih ke Ewin.. Ewin bilang nyantai aja.. “yook sana ganti seragam, biar aku yang ke sekre” kata Ewin padaku. Yapp.. akhirnya kami berpisah di sini. Dengan seribu langkah aku masuk ke toilet.. hAAHHHH? Kenapa semua pintu toiletnya terkunci? Plisss dah..hiks..

Sial !.. Dari jejeran toilet di sekolah ku itu, hampir semua pintunya ke kunci. OH MAY GAADDD bahkan pintu toilet pun turut kasih bonus penderitaan ke aku..,sedih banget dah.. Aku cobain satu-satu. Tapi gada juga yang ke buka. Alhasil yang bisa diharapkan Cuma pintu toilet paling ujung, paling gelap, paling baukkk gilaaaa.. Aku harus tabah dengan semua cobaan pagi itu. Yahhh,, belum usai sampai situ penderitaan gue, pelissss.. pintunya nget-ngot ga bisa ditutup rapet ,yaelahhhhh! Panik nih sudah…. Akhirnya, dengan segenap kesabaran aku kait pintunya dengan sepatu aku, lengkap dengan tali-talinya biar rapet.. Dan hasilnya, hampir 30 menit aku habiskan waktu untuk muntah dikit (karena aroma urea busuknya), tarik nafas (karena bauk naudzubillah) dan keringetan (karena matiii deh… aku takut banget, toiletnya gelap ga santai).. YAhhhh.. setengah 9 aku baru bisa bebas dari toilet itu.. hakss..

---

Lari-lari kecil dengan kondisi panik pasti tergambar jelas di wajahku pagi ini. Ga kebayang harus taruh dimana ini muka.  Seragam putih biru aku lipat seadanya langsung disimpan di dalam ransel. Dari jendela kelas, aku cuma bisa memperhatikan barisan panjang teman-temanku yang siap-siap warming up di lapangan. Mereka sudah siap pemanasan lari muter lapangan sekolah sebelum bener-bener olah raga dimulai. Hah!.. Aku masih di kelas….! dengan buru-buru kukencangkan ikat sepatu, jangan sampai ia jadi penghalangku menuju Pak Sugian untuk laporan. L

Hosh..hosh..… setibanya aku di hadapan beliau, Pak Sugian terlihat geram. Beliau menggeleng selepas melihatku datang begitu terlambat. Jari telunjuknya mengarah kepada bola-bola yang telah tersusun di hadapanku. Beliau menanyakan siapa yang menyuruhku untuk meminta Ewin mengambil bola-bola itu. Pak Sugian memintaku untuk melihat ke arah lingkaran yang sudah apik dibuat oleh teman-temanku  yang sebelumnya berlari melingkar lapangan. Di sana teman-temanku sudah selonjoran di lapangan menunggu saat-saat aku dihukum Pak Sugian. Hadewww malu sekali… Aku mencoba menjelaskan pada Pak Sugian bahwa aku tidak meminta Ewin yang mengambilkan bola, tapi Ewin yang menawarkan diri karena aku dalam kondisi terburu-buru ganti seragam. Dan aku tambahkan bahwa tidak biasanya pagi itu semua pintu-pintu toilet terkunci dari dalam, sedang yang tersisa hanya toilet ujung yang bauknya menyebar ke seluruh ruang belakang sekolah. Kalau tanpa pertahanan super, siapapun akan pingsan, adu ku pada beliau…

Tapi, keluhanku pada Pak Sugian tampak tak digubris sama sekali. Mana lagi… (aku lanjut menjelaskan).. aku harus bersusah payah mengganjal pintu toilet itu yang sudah habis masanya, jadilah aku begitu repot bertukar seragam di dalamnya. Aku tak mungkin mengganti seragam di kelas, toh karena camera CCTV selalu ON mengawasi kami dan aku tak mungkin bertukar seragam dengan kondisi itu. Di akhir penjelasanku yang panjang lebar itu, aku menuntupnya dengan mata hampir berkaca-kaca pada Pak Sugian, plus sebaris kalimat agar beliau tidak menghukumku, “Maaf Pak, tidak akan saya ulangi lagi. Mohon jangan hukum saya, Pak” lirihku pada beliau dengan muka tertekuk. Tapi itu percuma, aku tahu kalau beliau tidak peduli dengan penjelasan ini. Tidak ada belas kasihan bagi siswa-siswa yang tidak disiplin. Itulah kalimat yang pasti aku dapati dari beliau. Pak Sugian begitu strict. Beliau tidak akan memaafkan siapapun yang tidak disiplin di jam beliau mengajar. Bahkan anak kandung beliau yang satu tingkat dengan kami, namun di kelas berbeda pun, beliau tidak pernah tebang pilih. Jika salah.. ya salah, jika benar.. ya itulah benar. Beliau tidak memberi penawaran lain selain aku harus mendapat hukuman agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, khususnya di jam pelajaran yang beliau ajarkan.

---

Dengan lemas aku berjalan menuju lingkaran besar yang telah dibuat oleh teman-temanku. Aku pandangi wajah mereka satu per satu. Mereka terlihat cuek, bahkan ada yang melempar senyum ejekan, tak ada empati sedikitpun. Aku melirik ke arah Ewin, dia hanya terpaku tak dapat berbuat apapun di ujung lingkaran. Ia mengepalkan tangannya ke atas memberi isyarat bahwa aku harus semangat. Pak Sugian mendatangi aku yang sudah layaknya hidangan di tengah meja bundar besar pagi itu. Pak Sugian memintaku untuk mengangkat satu kakiku, lalu di lipat ke belakang. Tak hanya itu, beliau juga meminta aku untuk menyilangkan tangan kanan dan tangan kiriku di telinga sembari mengucapkan kata “AKU AKAN LEBIH DISIPLIN”. Jelas saja ini benar-benar memalukan. Aku hanya bisa melakukannya berulang-ulang tanpa bisa melawan sedikitpun. Beliau meminta ku berada di luar lingkaran, sedang beliau masuk ke lingkaran untuk memberi penjelasan mengenai permainan voli pada teman-temanku yang lain. Sesekali beliau memintaku mengencangkan teriakan “AKU AKAN LEBIH DISIPLIN” yang sontak saja tidak hanya menabuh tawa teman-temanku di lapangan, tapi juga teman-teman lain yang sedang belajar di dalam kelas yang berbeda, ketika mendengar teriakan itu. Belum lagi adik-adik kelas VIII lainnya. Hadehh mau ditaruh di mana muka ini. Aku sudah sangat malu. :’(

---

Hampir putus rasanya pita suaraku, sebelum akhirnya Pak Sugian memintaku untuk menghentikan hukuman yang beliau perintahkan dan memberiku isyarat agar aku segera menghampirinya.
“Kamu sudah lelah? Kalau sudah, berhentilah.. tapi sebelum kamu masuk ke dalam lingkaran yang telah dibuat teman-temanmu, coba tanyakan satu-satu pada mereka dalam lingkaran ini; apakah mereka semua mengijinkan kamu masuk. Hitung berapa yang mengijinkan dan berapa yang tidak. Kalau banyak yang mengijinkan kamu untuk masuk, berarti kamu bisa join. Tapi kalau banyak yang tidak, artinya kamu hanya akan jadi anak bawang (sebutan untuk anggota di luar permainan, yang tugasnya adalah mengumpulkan bola-bola yang keluar lapangan)” Perintah Pak Sugian tanpa senyum sedikitpun, yang menandakan bahwa beliau sangat serius memintanya. Hikss.. Aku mengangguk. Mataku sudah mulai berkaca-kaca.. Rasanya aku sudah tidak tahan lagi dipermalukan seperti ini. Kemarin-kemarin banyak juga teman-teman yang melanggar kedisiplinan, bahkan lebih parah dariku, namun Pak Sugian hanya meminta mereka untuk berlari satu putaran lebih banyak ketimbang yang lain, hukuman yang wajar saja diberikan seorang Guru Olahraga. Tapi sekarang bagiku hukuman yang beliau berikan mulai tidak adil. Kenapa Pak Sugian malah memintaku melakukan hal-hal bodoh di depan teman-temanku..hiks.. Tapi apa daya, sedikitpun aku tak berani memprotes perintah beliau.. Aku tak mau kekesalan beliau makin menjadi-jadi, dan yang akan sulit malah aku sendiri.. :’(

---

Aku melangkah pelan menghampiri satu-satu temanku di lapangan untuk bertanya pada mereka. Aku mulai dari Ewin yang sedang selonjoran di ujung lingkaran. Tentunya dengan mudah Ewin akan mengatakan “iya” untukku, bisikku dalam hati. Namun aku benar-benar tidak menduga, saat aku menanyakan pada Ewin apa aku bisa masuk ke dalam lingkaran?, Ewin malah menggeleng dengan tatapan menoleh pada Isya yang seakan memberikan isyarat bahwa ia tak mau Ewin memberi ijin padaku. Aku jadi begitu kesal, kenapa Isya tega sekali padaku. Padahal biasanya ia sangat baik, tidak seperti hari ini…. L Tidak ada kata “iya” yang aku peroleh, kecuali dari Novita and the genk. Mereka mengijinkan aku untuk masuk ke dalam lingkaran.. wahhhh..Novita memang baikkkk (thanks unoppp)… :D

---

Alhasil… jadilah aku anak bawang, toh tak sampai setengah teman-temanku memberi ijin padaku agar aku join. Sedih sekali, Pak Sugian memintaku mengambil bola voli yang melesat ke sana-ke mari karena pukulan teman-temanku yang sedang bermain di lapangan. Aku hanya bisa geram dalam hati, namun tak aku tunjukkan sama sekali. Aku benar-benar lelah, hingga aku tak semangat lagi..Ayunan kakiku melambat dan ini adalah awal dari kemarahan  Pak Sugian berikutnya padaku. Beliau berteriak agar aku melangkah dengan cepat. Beliau bilang aku mengacaukan permainan, aku tidak semangat, bahkan beliau kesal sekali melihatku. Dengan tertunduk penuh rasa bersalah serta geram yang tertahan, aku menghampiri beliau. Namun pertahananku melemah. Geram, kesal, sedih dan takut di dalam hati akhirnya meluap juga menjadi air mata. Aku tak tahan lagi, aku hanya bisa menangis dan meminta maaf pada Pak Sugian. Aku bilang aku tidak akan mengacaukan kelas beliau lagi setelah ini. Tapi saat ini aku benar-benar kelelahan. Aku bukannya marah, tapi aku kesal dengan diriku sendiri, kenapa tidak bisa mengejar bolanya denga gesit dan cepat sebagaimana yang diminta Pak Sugian. Aku hanya kesal kenapa aku tidak bisa berlari lebih lincah lagi. Itulah luapan tangisku yang aku pecahkan pagi itu. Semua teman-temanku tertawa, ya… bahagia sekali mereka fikirku. Aku tak berani menatap mereka, karena mataku sudah banjir oleh air mata penyesalan dan rasa lelah. Aku pun tak berani mengangkat wajahku ke arah Pak Sugian, karena sudah bisa dipastikan beliau tidak akan mengasihani aku. Aku hanya terisak sendiri, tertunduk menatapi tanah yang aku pijak. Aku hanya butuh tenang dan istirahat sebentar…setelah itu barulah aku akan melanjutkan hukuman. Tapi…..

Tiba-tiba, di tengah luapan tangisanku.. sorak sorai tepuk tangan dan tawa yang begitu histeris hadir di sekelilingku. Teman-teman yang tadi membentuk lingkaran kembali mendekat dan mengelilingi aku… dengan sebuah lagu yang tak asing di telingaku.. Lagu dan doa “Selamat ulang tahun” membuncah jadi satu. Pak Sugian yang tak pernah terlihat gigi putih berserinya, kini terbahak di hadapanku.. Beliau mengucapkan “Happy birthday” padaku lirih.. Beliau meminta maaf jika aku kelelahan dan kesal dengan ulahnya. Beliau hanya berusaha untuk kooperatif dengan teman-teman sekelasku lainnya yang memang berinisiatif mengerjaiku sedari tadi pagi… HAHHHHHHH??? Benar saja, kehilangan sarapan pagi ini membuat aku lupa bahwa hari itu aku berulang tahun. Bertambah satu usiaku ternyata mengikis ingatanku haha.. aku benar-benar tak menduga bahwa mereka mempersiapkan semua. Mulai dari toilet, kerjasama untuk nganggurin, cuekin dan malesin aku.. haha.. mereka ingat ketika aku lupa.. hiks J thanks a lot, guys…

---

Dengan cepat kubasuh air mata yang leleh sedari tadi.. Aku usap semua keluh dan aku mulai mencoba tertawa menata kata-kata terima kasih untuk semua teman-temanku dan Pak Sugian.. Aku pandangi satu per satu raut muka teman-teman sekelasku yang kembali ramah….. Ternyata.. Jutek, acuh, dan males mereka di awal pagi tadi sudah terbunuh dengan luapan tawa dan nyanyian serta ucapan untukku.. they were backkkk… :D

Hari ituuuu.. Aku benar-benar tidak bisa melupakannya.. Hingga hari ini.. Hingga Agustus 2014 kemarin,, aku kembali teringat saat ini.. saat mereka semua ada di sekelilingku. Memberi sebuah ucapan dan doa bahkan kejahilan yang aku yakini sebagai luapan sayang seorang teman kepada temannya. Hari itu adalah AGUSTUS yang berkesan bagiku.. dan untuk EWIN, ISYA, NOVITA, AYU.. thanks ,,,mereka adalah bagian dari semua cerita di hari itu… Sejak hari itu, kehadiran AGUSTUS adalah kesempatan dan waktu yang begitu aku nantikan.

---

Yakinlah, guys.. sesederhana apapun kita berupaya membahagiakan seseorang, pasti itu akan menjadi sebuah kesan manis dan indah diingatannya. Seperti yang kalian lakukan padaku di hari itu di pagi AGUSTUS 2006, hingga saat ini aku tak pernah lupa.. Terima kasih semua.. untuk pagi itu, PAGI 27 AGUSTUS 2006 (ketika aku mulai menginjak angka 14) dan hari itu akan selalu menjadi ingatan indah yang tak akan pernah aku lupakan. THANKS JUGA PAK SUGIAN…  I love u ALL.. J



Minggu sore saat selonjoran di kasur kosan setelah hampir berjam-jam ngobrol bareng sahabatku Eli, Sentul City, 7 September 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar