طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ #menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim# اطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ #tuntutlah ilmu walau hingga ke negeri Cina#

Kamis, 10 Oktober 2013

SHARIA ASSURANCE

ASURANSI SYARIAH: PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA YANG AMAN MENJANJIKAN

“Bekerjalah kamu seolah akan hidup selamanya. Dan beribadahlah kamu seakan kematian datang esok”
Untaian kalimat di atas seolah menjadi pengingat bagi kita bahwa segala sesuatu di dalam hidup ini harus direncanakan. Perencanaan dan persiapan membuat apapun menjadi lebih baik. Masa depan adalah hal yang tak terduga, apapun mungkin terjadi di sana.
Sebagai manusia, keterbatasan membuat kita tak dapat memastikan akan kesehatan yang prima setiap saat, pekerjaan yang terus berjalan mulus, ataupun usia yang masih terus dikaruniai-Nya. Sebagaimana anda, keluarga pun begitu. Tak ada jaminan akan indahnya pendidikan yang akan dijalani putra-putri kita dan seberapa tinggi harapan dan cita-cita anak-anak kita akan melambung. Oleh sebab itu, sudah seyogyanya persiapan akan masa datang harus kita rencanakan.
Asuransi adalah salah satu solusi persiapan masa depan yang menjanjikan. Kini, berbagai lembaga asuransi siap menjadi partner anda dalam merencanakan hari esok. Hanya saja yang harus kita perhatikan kembali adalah lembaga asuransi mana yang tepat untuk membantu saya, anda dan keluarga menyiapkan masa depan?
Sebagaimana perkataan bijak, “mulailah dengan sesuatu yang baik” yang mengisyaratkan kita untuk menemukan pilihan terbaik. Asuransi syariah yang hadir di tengah gejolak modernisasi, kini menjadi salah satu dari varian opsi yang ada di Indonesia, misalnya Sun Life Financial Indonesia Syariah. Apa yang kemudian menjadikannya berbeda?
Konsep syariah yang diusung memberi win-win solution bagi kita dengan akad tabarruq (tolong-menolong) yang ada di dalamnya. Hal ini merupakan nilai lebih hadirnya solusi syariah dalam asuransi anda. Sehingga menjadikan asuransi syariah sebagai bagian dari perencanaan keuangan, adalah keuntungan investasi jangka panjang bagi anda dan keluarga.
Ketika menyusun rencana keuangan keluarga, misalnya menyusun asuransi pendidikan bagi anak, maka ada kiat-kiat yang dapat kita jalani:
1.      Terlebih dahulu, kenali perusahaan asuransi dan agen asuransi yang akan menjadi partner anda
Hal ini dapat anda lakukan dengan cara memeriksa produk-produk asuransi pendidikan yang ada di perusahaan tersebut. Anda dapat mengunjungi ataupun menelpon kepada perusahaan serta bertanya pada agen-agen asuransinya. Setelah merasa yakin, maka pilih yang terbaik menurut anda.
2.      Perhitungkan dengan seksama tarif premi yang ditawarkan
Jangan hanya tergiur dengan tarif yang murah, namun coba dibandingkan antara besar premi yang harus dibayarkan dengan nilai tabungan pendidikan yang akan kita peroleh saat jatuh tempo. Apakah sesuai dengan besarnya biaya pendidikan anak yang akan kita bayarkan kelak?
3.      Kemudahan penarikan dana
Hal ini perlu menjadi pertimbangan, karena berkaitan dengan masa pendidikan anak nantinya. Kita tak dapat pastikan apakah anak kita akan menyelesaikan pendidikan tepat pada waktunya? Atau malah anak anda menyelesaikan pendidikan lebih cepat dari perkiraan anda sebelumnya. Sehingga fleksibelitas dan kemudahan penarikan dana juga harus menjadi pertimbangan.
4.      Jangan mudah tergoda akan penawaran spesial dari perusahaan asuransi tertentu
Jika ada agen asuransi atau peusahaan asuransi yang menawarkan paket khusus atau misalnya memberi cashback kepada anda, sebaiknya anda tanya detail kepada agen yang menawarkan tersebut. Pelajari lebih lanjut, dan  mintalah penjelasannya dengan seksama.
Setelah kiat-kiat tersebut anda jalankan, maka asuransi syariah yang menjadi bagian dari perencanaan keuangan keluarga terasa lebih aman dan menjanjikan. Sehingga anda dapat menajalani masa depan dengan penuh kenyamanan.



[1] Mahasiswi STEI Tazkia Bogor, dapat dihubungi di (0857 7332 9265) email: inirysky@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar