طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ #menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim# اطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ #tuntutlah ilmu walau hingga ke negeri Cina#

Senin, 09 Juli 2012

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Kita

Semalam, seseorang teman mengirim BM (Broadcast Message) via BlackBerry. BM yang cukup membuat saya tertegun. Bukan karena BM itu berisi motivasi, pesan singkat atau iseng semata. BM ini berisi nasihat kesehatan yang sebenarnya sederhana namun barangkali banyak yang menganggap enteng atau meremehkan. Oleh karena itu, saya begitu terinspirasi untuk menuliskannya di blog pribadi saya ini untuk berbagi pada semua bloggers dan readers lainnya.

Berikut saya hadirkan BM yang menurut saya begitu bermanfaat itu di sini untuk kita gali bersama :)
Check it this out!
semoga bermanfaat ya :)

"Kekentalan darah dalam tubuh bagaimana bisa terjadi?


Sebelumnya, ada satu pertanyaan, yaitu:
"Mengapa kita harus minum air putih banyak-banyak?"


Sebenarnya jawabannya cukup 'mengerikan' tetapi karena sebuah pertanyaan jujur harus dijawab dengan jujur, maka topik tersebut bisa dijelaskan sebagai berikut:
Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari AIR.


Malah ada beberapa bagian dari tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting  dengan kadar air di atas 80% adalah OTAK dan DARAH!!


Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air sebanyak 95%.


Jatah minum manusia normal sedkitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas air putih sehari.


Jumlah di atas harus ditambah bagi seseorang PEROKOK.


Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan dan sekresi.
Apa yang terjadi jika kita mengkonsumsi air kurang dari 2 liter sehari???


Tentu tubuh kita akan menyeimbangkan diri.
Caranya?
Dengan jalan 'mengisap' air dari komponen tubuh sendiri.
Dari OTAK??


Belum sampai segitunya (wuiihh.. bayangkan jika otak kering, bagaimana jadinya?) Melainkan dari sumber terdekat, yaitu: DARAH!


Darah yang diisap airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang darah encer.


Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah). Ginjal akan bekerja ekstra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa mengakibatkan perobekan pada glomerulus ginjal.


Akibatnya, air seni anda menjadi kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus-menerus, anda mungkin suatu saat harus mengeluarkan Rp 2 juta seminggu untuk CUCI DARAH.


Bagaimana dengan OTAK?


Nah, saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak tersendat.
OTAK tidak lagi 'encer', karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen. Inilah yang akan mengakibatkan STROKE.


Share ini. Jika di share, berarti anda mencoba menyelamatkan satu NYAWA."

Minum yang banyak ya teman-teman (min 8 gelas sehari) ;)

Saat Ramadhan, pas sahur, usahakan minum yang banyak juga, buka puasanya juga ya, pokoknya usahakan min 8 gelas.
Untuk para PEROKOK, harus lebih ya dari 8 gelas minumnya sehari, tapi LEBIH BAGUS lagi kalo anda BERHENTI MEROKOK selamanya :)

Wallahualam.. :)










2 komentar: