طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ #menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim# اطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ #tuntutlah ilmu walau hingga ke negeri Cina#

Senin, 16 Juli 2012

Inilah Semangat Baru di Saat Bulan Suci Tiba





Allah Subhanahu wa ta'ala memuji bulan Ramadhan di antara bulan-bulan lainnya dgn memilihnya di antara semua bulan sebagai bulan diturunkannya Al-Qur'an yg agung. Ramadhan pula yg menjadi bulan diturunkannya kitab-kitab Ilahiyah lainnya kepada para nabi. Imam Ahmad mengatakan, dari Watsilah bin al-Asqa', bahwa Rasulullah bersabda, "Shuhuf (lembaran-lembaran) Nabi Ibrahim diturunkan pada malam pertama Ramadhan. Taurat diturunkan pada tgl 6 Ramadhan. Injil diturunkan pd tgl 13 Ramadhan. Dan Allah menurunkan Al-Qur'an pd tgl 24 Ramadhan.


Adapun shuhuf, Taurat, Zabur, dan Injil, masing-masing diturunkan kepada nabi penerimanya sekaligus. Sedangkan Al-Qur'an diturunkan sekaligus ke Baitul 'Izzah di langit dunia. Dan itu terjadi pada bulan Ramadhan, yaitu pada saat Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Seperti disebutkan dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala, "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Qur'an) pada malam penuh kemuliaan" (Q.S. al-Qadar : 1), dan dalam firman-Nya, "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yg diberkati" (Q.S. ad-Dukhan : 3). Setelah itu, al-Qur'an diturunkan sebagian sesuai dengan kejadian-kejadiannya (asbabun nuzul) kepada Rasulullah.
* dikutip dari tafsir Ibnu Katsir; Asbabun Nuzul ttg Q.S. 2:185 *



Mari kawan, kita targetkan dan gencarkan tilawah al-Qur'an tiap hari! Semoga kita semua bisa memuliakan bulan Ramadhan dengan tilawah-tilawah yang kita mulai dari sekarang. Tidak ada kata terlambat! Semangat! :)




Dikutip dari status teman ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar