طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ #menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim# اطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ #tuntutlah ilmu walau hingga ke negeri Cina#

Minggu, 09 Desember 2012

PERTAMINA & REPUBLIKA


MENGUKIR PRESTASI BERSAMA PERTAMINA
Melalui OSN-Pertamina: Jadilah Sobat Bumi Berprestasi!
oleh: Rysky Marlinda



Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN-Pertamina) adalah wujud kepedulian Pertamina terhadap kemajuan Indonesia atau yang sering kita kenal dengan istilah corporate social responsibility (CSR). Namun, yang membedakan program ini dengan CSR lain yang ada adalah perhatian Pertamina pada pendidikan dan pembangunan jiwa scientific bagi setiap generasi Indonesia dengan konsep cinta bumi. Melalui OSN, Pertamina tidak hanya mencetak generasi cerdas teoritis, tapi juga mencintai dan penduli akan kelestarian bumi. Hal ini yang menjadi poin penting akan pembangunan generasi dalam mendukung Indonesia yang lebih baik ke depannya.

OSN-Pertamina 2012 adalah olimpiade nasional ke-lima yang telah diselenggarakan Pertamina sejak tahun 2008. Kali ini OSN-Pertamina bersinergi langsung dengan Universitas Indonesia. Bidang yang menjadi konsentrasi pengasahan prestasi dalam ajang OSN-Pertamina 2012 meliputi; Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia. Tak tanggung-tanggung, 19.000 peserta yang semuanya berasal dari kalangan mahasiswa dari seluruh Indonesia turut berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini.

Membludaknya peserta di tahun 2012 ini menjadi sebuah harapan baru bagi Indonesia bahwa jiwa kompetisi dan semangat berprestasi generasi Indonesia benar-benar tinggi. Inilah yang kemudian menjadi inspirasi Pertamina untuk memfasilitasi generasi-generasi penerus bangsa untuk menorehkan prestasi dan menuangkan ide kreatifnya terkait kelestarian bumi. Pada OSN-Pertamina 2012, pembaharuan konsep kompetisi ternyata semakin variatif. Pasalnya OSN-Pertamina tak hanya menantang setiap peserta untuk berprestasi secara teori saja, namun kompetisi ini juga menyiapkan tantangan berupa science project yang merupakan kategori perdana di tahun 2012. Yang mana setiap peserta melalui ilmu sains yang mereka tekuni mampu menciptakan model, teknologi, atau solusi terkait kelestarian bumi dan keramahan lingkungan.

Pertamina menyiapkan total hadiah Rp2,8 M bagi generasi Indonesia yang mampu menaklukan setiap tantangan dalam ajang OSN-Pertamina 2012. Melalui upaya yang tak mudah dan penyaringan peserta dari beragam universitas dan provinsi di seluruh Indonesia, OSN-Pertamina akhirnya dimenangkan oleh Grandprix Tomreyes (Univesitas Indonesia) dibidang science project dengan karyanya yang berjudul  Aplikasi zeolit alam indonesia, zeolit alam Indonesia aktif dan Na-Zeolit alam Indonesia sebagai katalis rengkah limbah plastika polietilen menjadi fraksi minyak bumi, yang mampu memukau setiap dewan juri. Untuk kategori teori bidang Matematika dimenangkan oleh Abe Gracia Valeerian (Universitas Pelita Harapan). Bidang Fisika disabet oleh David Sipayu (Universitas Indonesia). OSN Kimia ditaklukan oleh Bayu Ardiansah (Universitas Indonesia). Dan bidang Biologi dimenangkan oleh Budi Santoso dari (Universitas Gadjah Mada). Pemenang OSN-Pertamina pada masing-masing kategori, tak hanya mendapat uang pembinaan dan pengembangan science project yang fantastis, namun juga mendapat privilege dari Pertamina. Hal ini dimaksudkan agar setiap generasi berprestasi dan juara olimpiade Indonesia mampu berkiprah lebih jauh sesuai dengan bidang yang mereka kuasai guna membangun Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Semoga langkah yang telah diawali Pertamina melalui OSN-pertamina ini, mampu menjadi motivasi bagi generasi Indonesia lainnya untuk terus berprestasi dan juga peduli akan kelestarian bumi. Dan semoga program ini dapat menginspirasi pelbagai korporasi lain di Indonesia untuk turut partisipatif membangun generasi berprestasi di Indonesia. Karena melalui sumber daya manusia (SDM) yang unggul tersebut, akan tercipta masa depan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia.

Terima Kasih Pertamina, untuk kepedulian terhadap generasi Indonesia yang lebih baik dan cinta bumi. Semoga lebih banyak lagi program inovatif dan tetap jaya!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar