طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ #menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim# اطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ #tuntutlah ilmu walau hingga ke negeri Cina#

Sabtu, 15 Desember 2012

COWOK TUH-LALI-T!

Sebenernya, katanya, teorinya, ga boleh nih sharing yang ngeluh-ngeluh, karena bisa bikin diri sendiri lemah. Tapi mau gimana lagi dong? Kata Ibuk saya, kalo lagi ada unek-unek, harus diluapin bukan dilupain, karena unek-unek ini bisa jadi langkah awal stroke, hipertensi, jantung, kolesterol tinggi, kegemukan,dan..dsb (dan saya bingung) deh (yaelah, selain junk food yang dimakan saban ari ya, itu juga bikin obesitas sama kolesterol tinggi)  :D

Masalahnya gini. Kemaren tuh ya, kemaren. Mati gila. Saya di sms sama seseorang buat ngajar. Ngajarin bahasa Inggris. Meski bahasa Inggris saya juga standar-standar aja sih, sebenernya. Tapi ya udahlah, ya. Namanya mahasiswa tu, kudu dan harus berbagi ilmu walau sedikit. Sebelum ke masalah nih, saya cerita dulu ya. Saya emang dari semester dua kemaren emang udah ngajar, tapi level anak-anak SD gitu tuh, di salah satu bimbel di Bogor. Yah, itung-itung dapet pengalaman, penghidupan, kalo bisa kenalan (udah salah niat, makanya ga lama) Sebenernya ga juga sih, biar apal jalur angkot Bogor juga kali. Abisnya ya, nih kota angkotnya bejibun, banyakan angkot kali dari penumpangnya. Warnanya sama, bentuk sama. Gimana ga bingung, jadi sekalian ngajar, ya sekalian ngapalin jalur angkot, biar ga nyasar. Kan lucu kalo kuliah telat, pas ditanyain dosen, dari mana? jawabnya dari NYASAR, kan ga banget!

Balik lagi. Nah, merasa PD banget dengan tawaran ngajar tadi, akhirnya saya terimalah. Trus saya tanya tuh ke abang-abang yang sms. Ini ngajar siapa? Si abang-abang yang sms itu tuh salah satu manajemen bimbel yang saya ikut ngajar sekarang. Dia bales nih, kalo yang bakal diajarin tuh ibu2. Trus saya balik nanya lagi, "Banyak ibunya?" trus dia bilang, "Ga banyak juga kali, cuma satu". "Lah trus nulis ibu-ibu?" jawab saya. Dia jawab lagi nih, "Yaelah maksudnya ibunya ya udah jadi ibuk orang". Nah, saya tambah bingung dah sama bahasa si abang. "Yaudah deh ga penting banget dah, yang penting ngajar deh bang", bales saya ke abangnya. Trus dia bales pake ikon orang cekikikan ga jelas. Padahal menurut saya biasa aja deh!

Nih, si abang yang sms-an sama saya udah lumayan deketlah (re:ga usah pakek ciee). Saya sudah lumayan lama ngajar di tempat yang satu ini. Dari semester tiga, kalo ga salah, setelah udahan ngajar di tempat yang sebelumnya di semester dua. Jadi wajar kalo sms nya rada becanda. (padahal enggak juga, sih)

Terus, saya nanyain tuh, dimana tempat privatnya, di bimbelnya atau di rumah ibunya. Trus si abang bilang nih, "Ibunya mau mentor-nya (sebutan untuk guru privat) yang ke rumahnya"." Hmm..ya wokeh dah", saya bilang gitu ke abang tu. Trus saya minta nih jamnya di sesuai-in sama jam kelar kuliah saya kemaren, jam 2, saya udah kosong, ga ada jam lagi. Trus abangnya bilang, "si ibuknya fleksibel aja sih, situ bisanya kapan". Ya udah deh, tenang kan saya. Tak send, "okesip" ke si abang. Terus si abang sms lagi, "Alamatnya di (bla..bla..bla)". Itu si abang ga beneran sms kayak gitu tuh. Itu ceritanya lagi ngerahasiain alamat ibunya. Maklum privasi orang.

Trus ada sms lanjutan dari si abang, dia nanya masalah transport saya ke sana, gimana. Terus saya bilang, "Yaelah tinggal naek ojek kalo ke sana mah, bang. Kalo naek angkot ribet masuk kompleknya, kudu jalan lagi, terus nyari-nyari lagi, mana belom tau, pan susah ya. Yaudah deh bang, naek ojek aja ya". Saya bilang ke abangnya. Terus dia bilang "Ya oke". 

Selesai kuliah nih, saya cepet-cepet deh ke rumah si ibunya, takut telat. Nih si abang nge-sms lagi, nih. Dia bilang kelupaan buat bilangin kalo si ibu keyakinannya (*gama) beda sama saya. "Kalo situ perlu ada persiapan, persiapkan aja segala sesuatu", kata si abang. "Yaelah bang (saya geleng-geleng palak) emang mau perang pakek persiapan?" saya bales gitu. Si abang bales, "Yaa siapa tau atuh, neng". "Tau apa? udah deh". Saya bilang gitu.Terus dia bilang, "oke siap". "Kok siap", saya bales lagi. "Maksudnya oke sip, salah ketik," bales si abang. Nih, pasti si abang protes nih dalam hati, kok saya kritis banget. hehe Biarin aja, si abang abisnya, bahasanya gitu. 

Nih, sebenernya sms si abang tuh bener juga sih. Saya se-enggak-nya nih, siapin minuman ringan, takut keselek pas ngebahas bahan ajarnya ke si ibu. Saya beli deh minuman ringan.

Abis tuh, langsung saya panggil tukang ojek.
Tukang ojek depan kampus serem-serem ih mukanya, sangar. Cocokan jadi bodyguard deh ketimbang tukang ojek (hihihi). Yaudahlah ya, saya langsung aja teriak "ojekkk!" Mereka nyamperin. Ups, ini yg nyamperin saya beneran dah seremnya. Helemnya aja helem motor gede, tulisan harley, I'm The Rocker, gambar tengkorak. Tapi....
hmmm...

itu, motor yang dipake..

"scoopy pink"
yaelah bang, desis saya dalem ati.
"Bang, ke bla..bla..bla (nyebutin alamat ibu nya)"
"Siap.." kata si abang. Mukanya sangar (serem)..

Saya naek ke scoopynya deh. Terus motor "scoopy pink" nya jalan. 
Nih, dalem ati saya bilang, "mau ngobrol apa ya sama si abang?" Nih kalo ke alamat ibunya lumayan juga nih jauhnya, kalo diem-dieman, ga banget. Enakan ngoceh ketimbang bengong di motor kayak gini. 

Eh, si abang ambil jalur lurus, terus saya bilang. "Ga salah nih bang, ke sini?" si abang bilang "hem".
Yaelah, kok saya merinding gini. "Bang", saya bilang ke abangnya. "Ntar saya telat nih kalo lewat sini", kata saya ke abangnya (tapi saya bilangnya pelan karena takut juga sih ini)
si abang bilang "hem".
Nih, pirasat saya mulai jelek nih. Kenapa ini lewat jalan sini. Mana saya ga apal-apal banget dah jalan. Ini saya mau pingsan nih,  ke-inget berita yang kemaren saya baca. Penculikan, penodongan, pembawakaburan (yang satu ini ga ada sih sebenernya) tapi nyocokin aja sama kondisi saya sekarang.

Nih, jangan-jangan si abang modus nih bawa scoopy pink, biar tersembunyi identitas dia yang sebenernya. Saya, mulai jedag-jedug suuzon kemana-mana.

Terus si abang bilang, "neng, masih idupkan? diem aja neng". 
terus saya bilang, "eh, iya-iya.., kenapa bang?"
"Kok, diem? kita terlalu ngebut ya?" abangnya nanya.
"Saya takut nih bang", saya bilang ke abangnya.
"Kenapa? ngebut? terlalu ngebut?" 
"Yee, ga juga bang". (scoopy pink, biasa aja kali ngebutnya, saya komat-kamit dalam ati) 
"Terus kenapa?" kata abangnya penasaran.
"Saya takut nih, abang mukanya serem banget dah. Dari awal, ga senyum-senyum. Ganti bang ekspresinya, biar saya ga serem nih", kata saya ceplas-ceplos ke abangnya.
"Yaaahh, emang topeng ini muka, neng? bisa diganti segala", kata abangnya.
"Ya, abisnya" (kata saya pelan)
"Ini model muka udah dari sono-sononya. Muka boleh serem, tapi hati kan malaikat". Kata si abangnya nyengir cekikikan.
"Ehmmm, nih kalo malaikatnya serem begini, gimana setannya bang?" Saya ngasal. Si abang tambah cekikikan ga jelas. "Udahhh, neng ga usah takut, biasa aja kali". Kata si abangnya. "Saya emang serem, tapi begini-begini saya pencinta kucing, hati saya lembutt". Si abang ceramah.
"Yahh, apa hubungannya,bang? hati lembut sama pelihara kucing?" Saya garuk palak.
"Yahh, kan kucing imut". Kata si abang.
"Ga juga bang. Kalo kucingnya hobi cakar-cakar sama bejek-bejek muka sampe berdarah, ga juga imut." Kata saya ke abangnya.
Tuh si abang nanya, "emang ada neng?"
"Ada dong. Tuh, kucing utan sama kucing stress". Jawab saya PD
Nih, si abang malah ngakak ga berenti-berenti (padahal menurut saya biasa aja)

"Nih, lewat mana nih bang?" tanya saya.
"Oh, satu belokan lagi", kata dia.
"hmmm..."

ga lama setelah itu...

"Nih, alamatnya neng. Periksa bener ga?" tanya abangnya.
"Ohh, iya bener-bener", kata saya sambil buka kopelan alamat yang saya catet tadi.
"Udah nih, sampe. Selamat kan?" Kata si abang.
"Ya, nih bang" kata saya sambil nyodorin uang 10rb ke dia.
"Loh, kok segini?"
"Emang kenapa?" 
"Biasanya 15rb."
"Ga ah,, biasa saya ke sini juga segitu. Ini deket nih."
"Yahh,,, tambahin dah" 
"Yaelah,bang. Saya mahasiswa, mana ada uang banyak-banyak. Siapa suruh abang ambil jalan yang itu tadi, jadi kerasa jauhkan?" .
"Ga ada, ini ga cukup nih beli bensin". 
"Yahh, mana ada duit lagi ini bang. Ini nih 10 rb lagi buat balik. Kalo ke abang semua saya kasihnya, saya mau balik pake apa?" Kata saya sambil nunjukin uang 10rb di tangan. "Katanya abang hatinya lembut". Kata saya pelan. 
Nih si abang masih aja ngernyit dahi.
"Yaudah gini aja, bang. Ini tadi pas di kantin kampus sebelum berangkat, saya beli minuman ringan. Ini lebih nih dari 5rb doang."
"Hmm..gimana ya?" (abangnya sok jual mahal)
"Ya kalo ga mau ya udah." 
"Yadehh, siniii.." Kata si abang tanpa basa-basi.
"Huuu.. diambil juga. Itu minuman enak bang. Asli buatan Jepang" Kata saya sambil senyam-senyum (padahal itu minuman teh biasa yang ada tulisan Jepang doang (dimana-mana juga ada)
"Yee.. dipikir saya ga tau apa? Makasih nih. Ikhlaskan?" kata si abang sambil ngidupin mesin motornya.
"Ya..ya..ikhlas.. udah sana, ntar rejekinya dari penumpang laen ga dateng-dateng". Kata saya.

Breemmm si abang langsung ngonyorrr..
"hmmm..dasar tukang ojek aneh", desis saya.

Nih saya udah di depan rumah si ibu yang mau privat nginggris nih. Saya liatin ini rumah. Pagernya tinggi euy. Pas mau mastiin ada anjingnya apa enggak, saya malah kaget dengan suara motor. Breemmm..
waduhhh ini si abang ojek dateng lagi.
"Kenapa, bang? kok balik lagi?" tanya saya sebel.
"Lah situ kenapa belum masuk?"
"Saya bingung nih masuknya lewat manaaa". 
"Yaelah, buka pager, ucap salam, masuk" 
"Yahhhh.. itu juga saya tau. Udah sanaa, bang". 
"Bukan neng, saya mau nanya nih. Pertama, emang ini harga minuman berapa?" kata si abang.
"8 ribu. Kenapa? Mau ngasih kembalian?" Tanya saya sebel. "Itu lebih dari goceng". 
"Ohh..jadi ga perlu kembalian?" Tanya abang itu nyebelin.
"Yahhh,, ga usahhh, cepetan sana pergi. Ini ntar saya berubah pikiran loh." Ancam saya ke abangnya.
"Yang kedua; jalan keluar dari komplek ini ke mana ya, neng? saya muter-muter dari tadi". Kata si abang ngernyit jidat.
"Yahhh, mana saya tau bang. Tadikan yang bawa saya masuk ke kompleknya, si abang". Kata saya.
"Yahh..gimana dong?" Tanya abangnya.
"Ya udah, ke satpam, tanyain gerbangnya." 
"Oh, iyaaa.. Cakep tuh idenya" 
(x_x )saya tepuk jidat. (abangnyaaaa..muka aja seremmm)
si abang ojek nyengirr sambil say "thank you"

-to be continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar