طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ #menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim# اطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ #tuntutlah ilmu walau hingga ke negeri Cina#

Sabtu, 17 Maret 2012

Kita-lah "Agent of Change"

Berbagi ilmu itu bisa dengan siapa saja. Di rantau, kita tidak kenal siapapun, keluarga? jauh sekali, kerabat dan handai taulan? juga begitu. Yang paling dekat dengan kita adalah masyarakat dan tetangga sekitar. Menariknya di sini, untuk mengisi waktu luang, mahasiswa/i selalu berbagi ilmu dengan anak-anak di lingkungan masyarakat sekitar. Anak-anak ini, mereka semangat sekali balajar bahasa Inggris. Lihatlah ini:






Bukan hanya itu, mereka juga sudah banyak loh.. hafalan doa-doanya. Mereka juga sering sekali kami pancing untuk menguak cita-cita yang ingin mereka capai, dan hasilnya, wow..tak sedikit dari mereka yang ingin jadi pilot, guru, dokter dan bahkan pelukis ataupun presiden. ckckck..subhanallah..lihat! inilah calon pemimpin bangsa ini:






Kita sebagai mahasiswa harus turut aktif maupun pasif (dengan aksi ataupun opini, tulisan dan ide) di lini-lini yang mendorong kebangkitan bangsa. Terutama pendidikan, pendidikan begitu penting guna mencerdaskan kehidupan bangsa. Kita bisa menjadi guru-guru muda. Bukan berarti mereka yang belajar di IKIP saja yang bisa menjadi young teacher, anda yang sebenarnya ahli komputer, teknik, ekonomi, bahasa, sastra, juga bisa turut membangun fondasi pendidikan muda bagi anak-anak di sekitar anda. Setidaknya, dari kelompok belajar mini, 1 mahasiswa mengajar 5 anak. Mereka juga sebagiaannya adalah anak-anak yang berasal dari keluarga yang lemah secara finansial. Kita tunjukan dengan aksi, bahwa kita adalah agent of change...





Sudah terlalu sering negeri ini disuap dengan hal-hal buruk tentang dirinya sendiri,di media cetak, elektronik, kini kitalah yng harus sampaikan pada generasi muda, bahwa negeri kita kaya, makmur, berharga dan indah. Mereka harus tahu agar mereka cinta. seperti kata pepatah "tak kenal maka tak sayang".




Karena kita tak peranh tahu, pemimpin bangsa ini kelak terlahir dari rahim siapa, dan dari masyarakat yang bagaimana...
semangat..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar